close

Peran Orangtua Agar Anak U-11 Percaya Diri Saat Main Bola

Diposting pada 07 Oct 2019

KONI DKI - Peran orangtua ternyata sangat dominan dalam menentukan perkembangan anak. Dan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan informasi tentang seberapa besar peran orang tua bagi anak-anak mereka.

Kepercayaan diri yang berlatih di sekolah sepakbola Ragunan, Jakarta Selatan menjadi obyek penelitian. Penelitian ini juga melaporkan perilaku orangtua yang buruk dalam konteks olahraga remaja. Dan, keterlibatan dalam olahraga pemuda berfokus terutama pada sudut pandang orangtua. 

Telah terungkap dari penelitian ini yang diberikan kepada orangtua mengapa mereka menjadi lebih terlibat dalam studi dalam olahraga anak-anak. 

Uji coba kuesioner dilakukan di Pro-Direct Soccer, Akademi, Stadion Junior Serenia Hills, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik sampling insidental dalam menentukan sampel. 

Sementara Instrumen peneliti ada 30 pernyataan valid dari 35 pernyataan dengan menggunakan Product Moment atau rumus korelasi. Instrumen ini telah divalidasi oleh pakar. Teknik analisis data digunakan untuk menafsirkan setiap jawaban pernyataan dan menghitung jawaban rata-rata. 

Berdasarkan analisis data hasilnya menunjukkan bahwa peran orangtua untuk kepercayaan anak-anak mereka dalam kegiatan sepak bola adalah 47% sangat baik, 48% dalam kategori baik dan 5% dalam kategori buruk. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat salinan pdf hasil penelitian.