close

KONI Jakarta Optimis Raih 20 Persen Medali Emas dan Jadi Juara Umum PON Aceh-Sumut 2024

Diposting pada 02 Jul 2024

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi DKI Jakarta semakin mantap menuju PON XXI/ di Aceh-Sumut pada 2024. Pesta olahraga setiap empat tahun sekali ini akan digelar di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).
 
Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka pelaksanaan PON di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh pada Selasa, 8 September 2024 mendatang.
 
KONI DKI Jakarta telah menyiapkan atlet-atlet terbaik untuk menghadapi ajang olahraga terbesar di tingkat nasional. Persiapan ini bertujuan untuk memastikan semua atlet Jakarta, siap secara fisik, mental dan teknis untuk meraih prestasi terbaik dan menjadi juara umum.
 
Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid jumpa pers pada Selasa (2/7/2024).
 
Saat itu, Hidayat didampingi Sekum KONI Jakarta Aminullah dan Hadameon Aritonang (Bendahara) serta para wakil ketua umum yakni Aldwin Rahadian, Gde Sardjana, Fatchul Anas, Yusran Arief dan Nur Ali.
 
“Saat ini atlet Jakarta sedang menjalani program latihan yang intensif dan terarah di bawah pembinaan KONI dan bimbingan para pelatih dan aspel. Latihan ini mencakup fisik, peningkatan teknik, serta penajaman strategi kompetitif untuk seluruh cabor yang akan diikuti di PON Aceh-Sumut,” kata Hidayat
 
Selain itu, lanjut Hidayat, DKI Jakarta juga melakukan monitoring melalui pendampingan atlet oleh seluruh pengurus KONI di seluruh cabor yang akan bertanding di PON.
 
Pada kesempatan yang sama, KONI juga melakukan evaluasi secara berkala kepada seluruh atlet yang akan diberangkatkan di PON.
 
“Syarat prestasi adalah mutlak bagi atlet Jakarta, dan tidak ada alasan apapun. Kalau tidak masuk empat besar, tidak akan diberangkatkan ke PON,” tegas Hidayat.
 
Hidayat dalam paparannya mengungkapkan, beberapa program yang sudah dilaksanakan untuk PON XXI/2024.
 
Di antaranya, pelaksanaan Pelatda lapis 1 dan lapis 2, BK PON, TC dalam dan luar negeri, uji coba dalam negeri dan luar negeri, dan melakukan pendampingan atlet Pelatda oleh pengurus KONI ke seluruh cabor Jakarta.
 
Ketua CdM DKI Jakarta, PON Aceh-Sumut 2024, Fatchul Anas menambahkan, jumlah kontingen Jakarta yang lolos BK PON tahun 2024 ada 65 cabor dan 87 disiplin cabor dengan 1045 nomor pertandingan, baik beregu maupun perorangan yang akan melaju ke PON XXI Aceh-Sumut nanti.
 
“Kita targetkan minimal bisa merebut 20 persen medali dari jumlah nomor pertandingan untuk menjadi juara umum. Untuk mencapai target juara umum diperlukan kerja keras bersama seluruh cabor serta dukungan eksekutif, legislatif dan masyarakat,” kata Anas yang juga Wakil Ketua Umum III KONI Jakarta.
 
Pelaksanaaan PON XXI/2024 akan digelar di 10 Kota/Kabupaten Aceh dan 9 Kota/Kabupaten Sumut.
 
Adapun seberan venue PON di Aceh, yaitu Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Barat dan Aceh Tenggara.
 
Sedangkan di Sumatera Utara, ada di Kota Medan, Deli Serdang, Karo, Binjai, Langkat, Serdang Bedagai, Pematang Siantar, Simalungun dan Toba.

Sumber : wartakota.tribunnews.com