close

Anies, Kadispora & Ketum KONI DKI Buka Liga Basket 2022

Diposting pada 01 Apr 2022
KONI - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DKI Jakarta menggelar Liga Basket Piala Gubernur 2022. Acara yang digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Setiabudi, Jakarta Selatan itu diikuti 42 klub.

Acara dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus dan Ketua Umum KONI DKI Jakarta Hidayat Humaid. 

Tujuan diadakan kejuaraan ini untuk mencari bibit-bibit atlet basket yang unggul dari klub-klub amatir yang berada di DKI Jakarta.

Anies mengatakan, ajang ini bisa menjadi momentum dalam mempersiapkan diri Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023. Apalagi Jakarta, sebagai salah satu venue dari event internasional tersebut, juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi episentrum olahraga basket di tingkat nasional maupun internasional.

"Kita harus mempersiapkan diri bahwa di Jakarta ini harus mampu menjadi episentrum basket di tingkat internasional. Dengan adanya liga ini, maka diharapkan akan membangun iklim di masyarakat terkait animo dan keberlangsungan basket di Jakarta," ujar Anies dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Kamis (31/3).

Anies berharap, lewat kegiatan ini, dapat menumbuhkembangkan potensi bibit muda pemain basket, kemudian nantinya apabila mereka telah menjadi profesional, maka mereka dapat menjadi tuan rumah di dalam negeri dan menjadi tamu yang mempesona di panggung internasional.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada para pengelola klub (basket) di Jakarta. Terima kasih sudah membantu dan dan membina anak-anak kita, untuk tumbuh potensinya. Mereka bisa mengisi waktunya dan aktivitas yang sangat bermanfaat ini," tambah Gubernur Anies.

"Terima kasih kepada Perbasi, KONI, dan semua pihak yang terlibat. Karena ini dikerjakan dalam waktu relatif singkat, persyaratannya relatif cepat, dan bisa berjalan dengan baik. Saya sampaikan juga apresiasi kepada Bank DKI yang sudah ikut mensponsori kegiatan ini," lanjutnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus menjelaskan,  pelaksanaan kejuaraan Liga Basket Piala Gubernur Tahun 2022 dilaksanakan hingga 26 Juni 2022 bertempat di tiga gelanggang, yaitu GOR Soemantri Brojonegoro (Opening dan Closing), Gelanggang Remaja Jakarta Selatan, dan Gelanggang Remaja Jakarta Utara untuk babak penyisihan.

“Pertandingan akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan catatan pada bulan Ramadan dilaksanakan pada malam hari, mulai pukul 19.00 sampai selesai," tegas Achmad Firdaus.

Sementara Ketua Umum KONI DKI Jakarta Hidayat Humaid mengapresiasi Liga Basket Piala Gubernur 2022. Kata dia, Liga Basket bisa menjadi sarana untuk menjaring atlet-atlet yang akan mengharumkan nama ibukota. 

"Kolaborasi ini sangat bagus dan efektif. Saya harap dari Liga Basket ini bisa memunculkan atlet-atlet berprestasi," tegas dosen UNJ ini.

Pusat Manajemen Strategi Olahraga KONI DKI Jakarta

Jalan Tanah Abang I, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Kode Pos: 10160

(021) 3852616 | Fax : (021) 4222147
Email : humaskonidki99@gmail.com
Posko Pengaduan KONI DKI Jakarta WA 0821-111-304-29