close

Anggota DPD RI Dukung Penggunaan Genose Untuk Deteksi Covid-19

Diposting pada 30 Jun 2021
KONI DKI JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Prof Dr Sylviana Murni menyatakan dirinya mendukung penuh penggunaan Genose untuk memeriksa warga terpapar Covid-19 atau tidak. Karena Genose sangat efektif dan harganya pun terjangkau untuk dipergunakan di kantor-kantor seperti KONI DKI Jakarta.

“Saya sangat mendukung Genose-Covid-19 dan juga sangat mendukung vaksin Nusantara. Karena keduanya adalah produk anak bangsa yang seharusnya lebih diutamakan. Tapi memang ada kendala-kendala yang dihadapi untuk menggunakan produk tersebut secara massal,” kata mantan Deputi Gubernur DKI Jakarta dan mantan Walikota Jakarta Pusat ini.

Genose-Covid 19 merupakan cara cepat untuk mengetahui orang terpapar vitus Covid-19 atau tidak. Hanya dengan pengecekan nafas saja seseorang sudah bisa diketahui positif atau negatif  atas hasil.

Dr Muhammad Isnaini dari PT Signa Andalan Nusa saat menyampaikan presentasinya tentang Genose di KONI DKI Jakarta, Rabu (30/6/2021), mengatakan, akurasi Genose mencapai 93 persen dengan tingkat sensitifikasi 90 persen. Sehingga alat pendeteksi Covid-19 Genose dianggap tepat kalau diterapkan untuk atlet DKI Jakarta.

“Dengan genose tidak butuh waktu lama menunggu hasil seseorang itu terpapar Covid-19 atau tidak. Karena genose dapat mendeteksi Covid hanya lewat hembusan nafas saja,” kata dr Isnaini.

Karena penggunaannya yang simple dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, menurut dr Isnaini, Genose layak ada di setiap desa. Selain itu, Genose dapat menghijaukan zona merah dalam waktu dua pekan.

Selain itu, lanjut dr Isnaini, Genose harganya murah dan juga produk dalam negeri yang diproduksi oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. ***




Sumber  : SuaraKarya